|

Jangan Tertipu Dengan Madu Palsu, Berikut Cara Tesnya


Cara Tes Madu Asli atau Madu Palsu


Madu Asli

Ada berbagai produk dan merek madu di pasaran. Jika Anda perhatikan, banyak produk memasang label madu murni 100%. Namun ada pula yang bertuliskan 'minuman rasa madu' atau 'pengganti madu'.

Perhatikan komposisinya. Madu murni hanya mengandung madu. Jika di komposisinya juga terdapat air, gula, aroma, pewarna, esens, dan sebagainya, berarti produk tersebut seharusnya dilabeli 'minuman rasa madu'.

Namun, madu yang mengklaim 100% murnipun belum tentu asli. Ada beberapa cara yang diyakini bisa membedakan madu asli dan palsu. Sayangnya, tak semuanya benar. Inilah beberapa penjelasan tentang akurat atau tidaknya cara test madu paslu atau madu asli yang diyakini selama ini.

1. Semut

Tes madu dengan semut

Coba biarkan madu di tempat terbuka. Konon, madu asli tak akan disemuti, sedangkan madu palsu, karena mengandung gula, akan dikerubungi semut. Cara ini belum tentu benar karena madu asli juga bisa mengandung sukrosa seperti gula.

2. Korek api

Tes madu dengan korek api

Korek api yang dilumuri madu asli dipercaya akan menyala jika digesekkan. Namun jika madu tersebut palsu, korek api tidak akan menyala selayaknya korek api yang basah terkena air. Metode ini juga kurang tepat. Sebab, madu asli bisa mengandung kadar air tinggi dan berfermentasi sehingga api bisa menyala. Sebaliknya, madu asli juga bisa memiliki kadar air rendah, sehingga api jadi sulit menyala.

3. Kertas

Tes madu dengan kertas
 Kabarnya, jika kertas dilumuri madu asli, kertas tersebut tidak mudah robek. Sebaliknya, kertas yang dibaluri madu palsu akan mudah sobek karena madu tersebut menembus ke kertas. Madu memiliki viskositas (kekentalan) berbeda-beda. Jadi, belum tentu madu yang menembus kertas adalah madu palsu.

4. Madu dimasukkan ke kulkas

Tes madu dimasukkan ke kulkas
Madu asli diyakini tidak akan membeku jika dimasukkan ke kulkas. Hal ini berkebalikan dengan madu palsu. Ya, madu dengan kadar air rendah tidak akan membeku. Namun jika madu tersebut asli tapi mengandung air di atas 20%, madu bisa membeku.

5. Madu dimasukkan ke air

Tes madu dicampurkan dengan air

Coba teteskan madu ke dalam segelas air putih. Madu asli disebut-sebut tidak akan bercampur dengan air dan langsung tenggelam ke dasar gelas. Berbeda dengan madu palsu yang akan larut dengan air dan mengambang. Tes ini paling masuk akal dibanding cara lain.

6. Memastikan keaslian madu

Melihat Kode BPOM

Bagaimanapun juga, keaslian madu hanya bisa dipastikan lewat uji laboratorium. Bagi orang awam, caranya adalah dengan melihat nomor izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (Badan POM RI). Kode MD untuk produk makanan dalam negeri dan ML untuk produk makanan impor. Madu yang berkode P-IRT dari Departemen Kesehatan juga bisa, namun lebih terpercaya yang berkode MD atau ML dari Badan POM. Dijamin asli.

Demikian penjelasan tentang cara test keaslian madu asli atau paslu

sumber : food.detik.com







Bagikan kalau menurut anda bermanfaat


BACA JUGA..


Posted by ThClients on 23:34. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response
Kirim Komentar Anda:
Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Untuk mengirimkan e-mail pribadi silahkan kirimkankan disini

0 komentar for "Jangan Tertipu Dengan Madu Palsu, Berikut Cara Tesnya"

Leave a reply

thclients

×

Powered By Facebook and Get This Widget

Terbaru

Terkomentar

ThClients tentang informasi unik nasional dan international, Lifestyle, Religi, Health, Education, Tips
Ikuti informasi menarik lainnya